Kapolres Bengkayang Gelar Syukuran Bersama jurnalis Bengkayang Peringati Hari Pers Nasional 2024

Berita254 Dilihat

Bengkayang, Kalbar – TransTV45.com || Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K. menggelar syukuran bersama para awak media cetak maupun elektronik di Kabupaten Bengkayang, bertempat di Kediaman Rumah Dinas Kapolres Bengkayang, Sabtu (10/2/24) sore.

Dalam acara syukuran turut dihadiri Danlanud Harry Hadisoemantri, Kasi Intel Kejari Bengkayang, Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Pimpinan PLN Rayon Bengkayang, Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Bengkayang, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai, Pju Polres Bengkayang serta para Awak Media Cetak maupun Elektronik di Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Bengkayang dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan guna mempererat tali silaturami antara Kepolisian dan para Awak Media sekaligus sebagai wadah diskusi terkait perkembangan dinamika masyarakat.

Menurut Kapolres, tema HUT HPN tahun 2024 ini sangatlah cocok dengan situasi saat ini, dimana temanya adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

“Artinya kita dapat bersinergi dan bersama-sama mengawal demokrasi, serta mengawal proses Pemilu tahun 2024 agar berjalan dengan aman, lancar, sejuk dan kondusif,” ujar Kapolres.

Kemudian, lebih dalam dikatakannya, peran rekan-rekan media sangatlah penting sehingga kegiatan ini sebagai upaya untuk mewujudkan implementasi dan kemitraan bersama Polri dalam mendukung tugas Kepolisian.

“Selalu kami sampaikan kepada rekan-rekan anggota Polri, tugas kita porsinya hanya 50% saja, dan 50% itu adalah rekan-rekan media, supaya apa yang kita kerjakan dapat tersampaikan dan diketahui oleh masyarakat luas,” pungkas Kapolres.

“Oleh karena itu, tanpa peran dari rekan-rekan media, masyarakat tidak akan tahu dan citra polri juga tidak akan meningkat apabila tidak terekspos,” tambahnya.

Kapolres juga mengharapkan kepada rekan-rekan awak media untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kekompakan dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Bengkayang, serta mengawal proses pembangunan Kabupaten Bengkayang sehingga menjadi daerah yang lebih maju dan unggul.

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2024, semoga di usia pers yang sekarang ini semakin sukses, maju, dan profesional serta menayangkan informasi yang sesuai fakta guna menjaga kondusifitas ditengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Bengkayang Yulizar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolres Bengkayang yang telah memberikan perhatiannya kepada awak media dengan menggelar kegiatan syukuran ini.

Lebih lanjut Yulizar mengatakan hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan suatu penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan Bangsa Indonesia.

“Organisasi wartawan pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1946 di kota Surakarta dan lahir di tengah-tengah perjuangan dan pertahanan kemerdekaan Indonesia dari ancaman penjajahan,” ungkapnya.

Wartawan pada masa itu memiliki peran ganda yaitu sebagai aktivis pers yang menyebarkan informasi dan penerangan serta aktivis politik yang terlibat dalam pergerakan perlawanan penjajah.

Ditambahkan Yulizar, sebagai insan pers yang profesional diharapkan dapat menjadi pengawal transisi kepemimpinan nasional yang demokratis dan berintegritas. Selain itu, seluruh insan pers diharapkan dapat menjadi penjaga keutuhan bangsa yang beragama, toleran dan harmonis.(Hms).||Reporter:Suparman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *