ProgramPeningkatan Peran Wanita Menunju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS)

Daerah235 Dilihat

Padang sidempuan-TransTV45.com|| Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PT2WKSS) dalam program penanaman bibit sayuran oleh Tim Penggerak PKK dan Dinas Ketahanan Pangan di Desa Aek Bayur, Kec. Padang Sidempuan Batunadua, Selasa (23/05/2023).

 

Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

 

Dinas Ketahanan Pangan, menyelenggarakan program terpadu dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah di desa Aek Bayur Kec. Padang Sidempuan Batunadua dengan menanam bibit seperti bibit cabe merah, cabe rawit, sawi, bunga kol dan selada.

 

Kegiatan ini juga sebagai pendukung pelaksanaan Program P2WKSS. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Chairun Nisa Daulay menyampaikan bahwa bibit yang akan diberikan kepada ibu-ibu masyarakat Aek Bayur agar dijaga supaya mendapatkan hasil yang baik.

 

Beliau juga menyampaikan pelaksanaan pemanfaatan Pekarangan untuk Ppengembangan Pangan agar terwujudnya pengembangan keluarga sehat dan sejahtera dengan meningkatkan pemberdayaan perempuan di desa Aek Bayur.

 

“Bibit yang akan dibagikan sekitar 10 polybag yang dimana isi bibit tersebit merupakan bibit cabe, selada, sawi dan bunga kol. Seperti isitilah Rap ra Rap ro, saya berharap ibu-ibu mau merawat dan memelihara tanaman tersebut agar mendapatkan hasil yang baik pula’’ tuturnya.

 

Selain itu dari TP.PKK yang diwakili oleh ibu wakil TP.PKK, Ny. Linda Arwin Siregar dalam sambutan nya menyampaikan dalam memanfaatkan halaman atau pekarangan rumahnya dengan menanam bibit tanaman.

 

Berbagai jenis tanaman bisa ditanam di pekarangan atau halaman rumah seperti cabai atau jenis sayuran lainnya.

 

” Untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga kita bisa memanfaatkan halaman maupun tanah pekarangan dengan menanam berbagai sayur-sayuran dan jangan lupa untuk memberikan pupuk sesekali’’ tuturnya.

 

Kesempatan ini pula yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga. Dan dia mengungkapkan kebanggaan atas masyarakat Desa Aek Bayur yang telah mendukung program tersebut.

Ali yusron Dgr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *