Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD-Kabupaten Nias Utara Tahun 2024 Di Kecamatan Lotu

Breaking News268 Dilihat

 


NIAS UTARA, TransTV45.com ||Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD- Kabupaten Nias Utara Tahun 2024 di Kecamatan Lotu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Himne Nias Utara dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Pendeta yang di laksanakan di aula Kantor Camat Lotu, Senin 30 Januari 2023.

Laporan Tim Pelaksana oleh Bapak Camat Lotu Yaaro Nazara S.E.,MM. menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah memberikan perhatian serta tidak menutup mata dalam memajukan pembangunan di wilayah Kabupaten Nias Utara khususnya pembangunan yang telah berjalan dan juga pembangunan yang akan dilaksanakan tahun ini di wilayah Kecamatan Lotu merupakan usulan-usulan pembangunan pada tahun sebelumnya.

Melalui kegiatan Musrenbang dapat dilakukan upaya perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sehinga mampu memformulasikan apa yang menjadi program prioritas, sasaran dan target yang akan dicapai untuk kepentingan masyarakat dan sesuai harapan kita bersama.

Marilah kita masyarakat Lotu untuk tidak berhenti merencanakan pembangunan, teruslah untuk memberikan saran dan masukan yang positif.

Arahan Sekda Nias Utara Bazatulo Zebua SE,.M.Ec.Dev, menyampaikan bahwa tema pembangunan tahun 2024 yaitu “Percepatan Peningkatan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Penguatan Ekonomi Masyarakat yang Inovatif”, dalam penyusunan dokumen RKPD Kabupaten Nias Utara Tahun 2024 ini.

Pemerintah Daerah berpedoman pada Permendagri No. 86 Tahun 2017 dimana didalam penyusunannya terdapat beberapa pendekatan aspirasi dari berbagai pihak salah satunya yang implementasinya melalui pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan ini dan menjadi acuan dalam penyusunan APBD Tahun 2024.

Untuk itu penyusunan RKPD dilakukan dengan perencanaan dan penganggaran disusun berbasis pada program prioritas Kabupaten, Provinsi, dan Nasional serta memiliki dampak hasil yang nyata bagi masyarakat.

Proses pembuatan kebijakan tersebut dilaksanakan melalui pendekatan sinergitas dalam kolaborasi antar Perangkat Daerah, baik Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Desa dan Kecamatan, hal yang menjadi beban dan tanggung jawab kita kedepan untuk disesuaikan oleh berbagai program dan kegiatan prioritas yang direncanakan pada tahun 2024, harus mampu menyelesaikan permasalahan yang ada serta memastikan pencapaian indikator pembangunan yang kita harapkan bersama dapat tercapai.

Sekda Nias Utara mengajak untuk mendukung dan menyukseskan keberhasilan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Nias Utara yaitu terwujudnya Nias Utara yang maju, sejahtera dan berkeadilan serta menghimbau kepada Camat dan para Kepala Desa untuk tidak mengabaikan seluruh proses maupun tahapan perencanaan pembangunan daerah, baik yang bersifat pertemuan dan terlebih dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berkualitas serta disampaikan tepat waktu.

Pada akhir arahan Sekda Nias Utara memberikan Piagam Penghargaan berupa Sertifikat kepada Desa Lolomboli sebagai responsif terbaik dalam Pelaksanaan Musrenbang Desa Tahun 2023 di Kecamatan Lotu.

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kab.Nias Utara Noferman Zega S.E, Hisikia Harefa A.Ma.Pd, Faogonaso  Harefa SH, Sekda Nias Utara Bazatulo Zebua SE,.M.Ec.Dev, Kepala Perangkat Daerah, Camat Lotu dan jajarannya, Forkopimcam, Kepala Desa/Ketua BPD se-Kec. Lotu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Undangan lainnya.**DARMAWAN ZALUKHU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *