oleh

Dihari Pertama KPU Buru Selatan Lakukan Verfak ke Dua Parpol Politik

-Politik-6 Dilihat

NAMROLE, TRANSTV45.COM|| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan melakukan verifikasi faktual (Verfak) untuk kepengurusan dan kantor tetap partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024.

Turut hadir dalam Verfak ke dua parpol tersebut Ketua KPU Kab Bursel, Syarif Mahulauw,
Devisi teknis Penyelenggara Pemilu, Ismudin Booy, Devisi Hukum dan Pengawasan KPU Bursel, James Tasane, Devisi Sosialisasi dan pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Jainudin Soulissa, Devisi perencanaan data dan informasi, Nurdin. A. Soumena Sekertaris KPU Bursel, Abdurahman Nunlehu serta Tim Verfak lainnya dan juga dihadiri oleh Bawaslu Kab Bursel, Kordiv penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa, Bawaslu Bursel, Robo Souwakil, Kordiv Devisi pengawasan dan Hubungan
Husen Pune dan Sekertaris Bawaslu Bursel Supardi Salamun.

Pelaksanaan Verefikasi Faktual kelengkapan data Parpol dengan data yang ada di Sipol. Senin, 17/10/2022.

Verfak Perdana ini dimulai dari Sekretariat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kab Bursel, di Desa Kamanglale, Kecamatan Namrole dan kemudian berlanjutan ke Sekretariat Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Setibanya Tim Verfak di Sekretariat DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kab Bursel disambut Langsung oleh Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia
Sami Latbual, Sekertaris PSI Kab Bursel, La Ode Hasrul dan Bendahara PSI Kab Bursel
Wa Aci Buton, dan sejumlah pengurus partai Solidaritas Indonesia dari tingkat DPD dan DPC.

Ketua KPU Kab Bursel Syarif Mahulauw mengatakan, PSI Partai Pertama yang akan di Verfak Oleh KPU Kab Bursel berdasarkan instruksi dari KPU Pusat, Verfak dimulai dari Pengurus, Sekretariat maupun kelengkapan Dokumen Partai,” Ucap Mahulauw.

Dalam kesempatan ini Tim Verfak langsung menjumpai dengan Ketua DPD Partai PSI,Kab Bursel, Sami Latbual Sekertaris DPD Partai PSI Kab Bursel La Ode Hasrul dan Bendahara DPD Partai PSI Kab Bursel Wa Aci Buton,” di Sekretariat DPD Partai PSI Kab Bursel, untuk di Verfak dengan menunjukkan KTP maupun KTA Sebagai tanda Bukti kesesuaian data sesuai Sipol yang telah menjadi syarat Verfak.

“Kegiatan Verfak kepengurusan ini dilakukan dengan mekanisme kunjungan langsung tim verifikator ke kantor atau Sekertariat partai politik,

Usai dari Sekretariat DPD Partai PSI Kab Bursel, KPU Bursel Bergeser ke Sekartariat Partai Kebangkitan Nasional (PKN) Kab Bursel dan disambut oleh Ketua DPC PKN Kab Bursel Umar Letetuny, Sekertaris DPC PKN Samuel Luhulima dan Bendahara DPC PKN Muhammad Sarifudin Bugis.

Tim Verfak telah menyampaikan hal yang sama terkait apa saja yang nanti nya akan di Verfak, Oleh Tim Verifikasi Faktual seperti di Sekertariat DPD Partai PSI.

Tim Verfak langsung melakukan Verfak guna mengecekan kesesuaian data partai PKN Kab Bursel, KPU pada saat di Sekertariat DPC partai PKN, untuk melakukan Verfak, terhadap, status kantor, kepengurusan dan kepemilikan nya, keterwakilan perempuan, papan nama Sekertariat DPC partai PKN maupun Dokumen Partai Pendukung.

Setelah selesai diperiksa oleh tim Verfak dan dicocokkan status Sekertariat, kepengurusan partai maupun keterwakilan perempuan dan Dokumen Partai Tim Verfak mengatakan Sesuai,

Ketua, sekertaris dan Bendahara setelah di Verfak Oleh Tim Verfak dan diteliti sesuai dengan KTP dan KTA, status Sekertariat, papan nama Sekertariat dan keterwakilan perempuan semunya memenuhi syarat dan ketentuan,” ucap Devisi teknis Penyelenggara KPU, Bursel Ismudin Booy,”

selama Verfak berlangsung, verifikator melakukan kegiatan meneliti dan mencocokan kepengurusan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara serta pengurus lainnya sesuai dengan SK kepengurusan.

Selain itu tim verifikator akan memverifikasi keterwakilan perempuan dalam kepengurusan serta meneliti dan mencocokkan dokumen domisili kantor /Sekertariat partai politik sebagaimana alamat kantor yang telah diunggah di dalam Sipol.

Adapun jadwal Verfak di tingkat Kabupaten Bursel pada hari pertama adalah Dua parpol. Yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).||

Penulis: Wider Nurlatu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.