oleh

MIRIS!!! Pelayanan di Puskesmas Watu Alo Tutup Pukul 12.20 WITA

Puskesmas Watu Alo Tutup Pada Saat Hari Kerja. (Foto : Isth)

Manggarai-Transtv45.Com| Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya.

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 43  tahun 2019 tentang Puskesmas menyebutkan bahwa Puskesmas adalah fasilitas Pelayanan Kesehatan (faskes). Puskesmas juga mempunyai tugas untuk melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya.

Seperti halnya Pelayanan di UPTD Puskesmas Watu Alo, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, NTT ditutup pada Pukul 12.20 WITA, pada Jumat 14 Januari 2022.

Penutupan pelayanan di Puskesmas Watu Alo tersebut diketahui saat wartawan melintasi jalur ruteng-reo, terlihat beberapa anak praktek dari Stikes St. Paulus Ruteng yang hendak pulang berada di luar area Puskesmas.

Ketika diwawancarai, salah satu diantara mereka bernama Sonya menyampaikan, bahwa terkait alasan penutupan Puskesmas tersebut dikarenakan semua Nakes pergi melayat orang tuanya kepala Puskesmas, sehingga semua pelayanan di Puskesmas ditutup.

Selain itu, Ari salah satu perawat yang bekerja di Puskesmas, ketika dikonfirmasi media ini melalui via telepon, menyampaikan hal yang serupa bahwa penutupan Puskesmas itu karena orang tua dari Kepala Puskesmas berduka.

“Puskesmas tutup karena orangtua dari Kepala Puskesmas meninggal dunia,” terang Ari.

Sementara itu, Saat yang bersamaan ketika dikonfirmasi Kepala puskesmas melalui via telepon namun tidak direspon.

Untuk itu, kami berharap Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai agar mengambil sikap yang tegas bagi Puskesmas yang melanggar jam dinas yang sudah ditentukan. *(Gordi/RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed